BAB I
PENDAHULUAN
Jenis usaha yang Dikembangkan : “
Istana Bermain “
A.
Latar
Belakang
Masa anak-anak merupakan masa-masa dimana anak sangat
aktif dalam bermain. Pengembangan pola pikir dan kreatifitas anak sangat cepat
dapat dikembangkan melalui sebuah permainan. Mainan juga dapat membuat seorang
anak bahkan setiap orang menjadi sangat gembira dan mampu menghilangkan rasa
jenuh sesaat, Tentu setiap orang tua menginginkan anak-anak mereka selalu
berbahagia. Anak-anak dapat dibilang mulai aktif bermain dari umur satu
setengah tahun sampai sepuluh tahunan. Namun tak jarang mereka masih senang
bermain lebih dari umur tersebut dan mungkin dengan gaya permainan yang
berbeda.
Bermain memang harus diberikan kepada anak-anak dalam
masa pertumbuhannya, tetapi bermain juga tidak jarang menimbulkan hal-hal yang
negatif, seperti halnya bila kebanyakan bermain dapat menyebabakan anak-anak
menjadi lupa belajar atau melakukan hal yang lain. Bahkan akibat bermain mereka
juga sampai lupa makan dan melupakan rumah mereka. Untuk itu, perhatian orang
tua sangat diperlukan dalam kegiatan bermain para anak-anak mereka.
Oleh karena bermain sangat dominan dikalangan kita
sekarang, untuk itu saya membuat usaha mainan yang saya beri nama “Istana Bermain”. Istana Bermain ini di bangun
untuk para kalangan anak-anak utamanya dan para pecinta atau pengoleksi mainan
khususnya. Selain itu di istana Bermain ini para orang tua juga bisa menitipkan
anak-anaknya,karena di sana tersedia baby sister yang akan menjaga anak-anak tersebut.
B. Gambaran
Umum Usaha
Mainan merupakan suatu hal yang sangat disenangi
dikalangan anak-anak. Walaupun kebutuhan bagi setiap orang tidak dalam jangka
waktu yang sangat lama namun akan banyak
ada generasi-generasi yang berikutnya yang akan membutuhkan kembali mainan
tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa mainan sebagai aspek yang tidak akan
mudah mati.
C. Kepemilikan
dan Lokasi Usaha
Usaha ini termasuk usaha perseorangan dimana berdiri
melalui usaha-usaha sendiri. Usaha ini dapat dikatakan bergerak dibidang usaha
dan jasa. Barang-barang yang ada di sana bisa di beli secara eceran atau
grosir.
Lokasi dari usaha ini-pun dipilih di tempat yang
sangat strategis, dimana bertempat dekat dengan kawasan penduduk sehingga
sangat mudah untuk dijangkau. Usaha ini berlokasi di Jalan Uluwatu 88x Jimbaran. Lokasi
ini sangat strategis selain dekat dengan kawasan penduduk,di lokasi ini juga
belum ada jenis usaha ini.
D.Aspek yang di perhatikan
1. Pemasaran
Sebagaiman kita ketahui bahwa kegiatan pemasaran adalah berbeda
dengan penjualan, Pemasaran adalah
pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari
produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi
ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan,
sehingga kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang
pemasaran. Pemasaran juga dapat
diartikan: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa
yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan
produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
Strategi Pemasaran :
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan
tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. 0leh karena itu
produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan
konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang
digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil
produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor
yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu
perusahaan terutama dalam menci konsumen, maka promosi merupakan salah satu
senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal
apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk
dapat diperoJeh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran
produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas.: Oleh karena itu dalam usaha ini melaksanakan
promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif
sangat di butuhkan. Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat
dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya
keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran
mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan
pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang
diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan
lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat
memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan
perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau panduan pada beberapa
sasaran pasar.
2.
Sumber Daya Manusia
Qualifikasi tenaga kerja diperusahaan ini yaitu
minimal berpendidikan setara SMA, dimana harus mengerti dan paham mengenai usaha
ini dan setidaknya sedikit mengerti dalam mengoperasionalkan komputer. Selain
itu dalam usaha ini juga di butuhkan ketelitian dalam mengurus anak. Karena
selain bergerak di bidang jual beli, usaha ini juga bergerak di bidang jasa
yang melayani penitipan anak.
0 komentar:
Posting Komentar