Rabu, 18 Januari 2012

PROPOSAL BISNIS


BAB I
PENDAHULUAN
Jenis usaha yang Dikembangkan : “ Istana Bermain “

A.  Latar Belakang
Masa anak-anak merupakan masa-masa dimana anak sangat aktif dalam bermain. Pengembangan pola pikir dan kreatifitas anak sangat cepat dapat dikembangkan melalui sebuah permainan. Mainan juga dapat membuat seorang anak bahkan setiap orang menjadi sangat gembira dan mampu menghilangkan rasa jenuh sesaat, Tentu setiap orang tua menginginkan anak-anak mereka selalu berbahagia. Anak-anak dapat dibilang mulai aktif bermain dari umur satu setengah tahun sampai sepuluh tahunan. Namun tak jarang mereka masih senang bermain lebih dari umur tersebut dan mungkin dengan gaya permainan yang berbeda.
Bermain memang harus diberikan kepada anak-anak dalam masa pertumbuhannya, tetapi bermain juga tidak jarang menimbulkan hal-hal yang negatif, seperti halnya bila kebanyakan bermain dapat menyebabakan anak-anak menjadi lupa belajar atau melakukan hal yang lain. Bahkan akibat bermain mereka juga sampai lupa makan dan melupakan rumah mereka. Untuk itu, perhatian orang tua sangat diperlukan dalam kegiatan bermain para anak-anak mereka.
Oleh karena bermain sangat dominan dikalangan kita sekarang, untuk itu saya membuat usaha mainan yang saya beri nama “Istana Bermain”. Istana Bermain ini di bangun untuk para kalangan anak-anak utamanya dan para pecinta atau pengoleksi mainan khususnya. Selain itu di istana Bermain ini para orang tua juga bisa menitipkan anak-anaknya,karena di sana tersedia baby sister  yang akan menjaga anak-anak tersebut.


B.   Gambaran Umum Usaha
Mainan merupakan suatu hal yang sangat disenangi dikalangan anak-anak. Walaupun kebutuhan bagi setiap orang tidak dalam jangka waktu yang sangat  lama namun akan banyak ada generasi-generasi yang berikutnya yang akan membutuhkan kembali mainan tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa mainan sebagai aspek yang tidak akan mudah mati.

C.   Kepemilikan dan Lokasi Usaha
Usaha ini termasuk usaha perseorangan dimana berdiri melalui usaha-usaha sendiri. Usaha ini dapat dikatakan bergerak dibidang usaha dan jasa. Barang-barang yang ada di sana bisa di beli secara eceran atau grosir.
Lokasi dari usaha ini-pun dipilih di tempat yang sangat strategis, dimana bertempat dekat dengan kawasan penduduk sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Usaha ini berlokasi di Jalan Uluwatu 88x Jimbaran. Lokasi ini sangat strategis selain dekat dengan kawasan penduduk,di lokasi ini juga belum ada jenis usaha ini.





D.Aspek yang di perhatikan

1.  Pemasaran
Sebagaiman kita ketahui bahwa kegiatan pemasaran adalah berbeda dengan penjualan,  Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.  Pemasaran juga dapat diartikan: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

Strategi Pemasaran :
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. 0leh karena itu produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama dalam menci konsumen, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.  Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoJeh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas.:  Oleh karena itu dalam usaha ini melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif sangat di butuhkan. Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau panduan pada beberapa sasaran pasar.

2.    Sumber Daya Manusia
Qualifikasi tenaga kerja diperusahaan ini yaitu minimal berpendidikan setara SMA, dimana harus mengerti dan paham mengenai usaha ini dan setidaknya sedikit mengerti dalam mengoperasionalkan komputer. Selain itu dalam usaha ini juga di butuhkan ketelitian dalam mengurus anak. Karena selain bergerak di bidang jual beli, usaha ini juga bergerak di bidang jasa yang melayani penitipan anak.

0 komentar:

Posting Komentar